Efek Ekonomis Koperasi

Motivasi ekonomi anggota sebagi pemilik akan mempersoalkan dana yang telah di serahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi dengan beberapa alasan. Alasan tersebut diantaranya jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya dan jika pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syara lebih menguntungkan dibanding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain di luar koperasi.

Keberhasilan koperasi di tentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan partispasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang di dapat oleh anggota tersebut. Dalam koperasi, laba bukanlah satu-satunya yang di kejar oleh manajemen. Laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun  transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang di terima oleh anggota.

Istilah partisipasi dikembangkan untuk menyatakan atau menunjukkan peran serta atau keikutsertaan seseorang atau sekelompok orang dalam aktivitas tertentu. Maka dari itu partisipasi anggota koperasi sangat menentukan keberhasilan koperasi. Partisipasi dapat dibedakan dalam berbagai dimensi. Partisipasi dipandang dari sifatnya dapat berupa partisipasi yang dipaksakan dan sukarela. Partisipasi dipandang dari bentuknya dapat bersifat formal dan informal. Partisipasi dipandang dari pelaksanaannya dapat dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung.

Perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi merupakan tantangan bagi koperasi. Maka dari itu pelayanan koperasi terhadap anggota harus disesuaikan secara berkelanjutan. Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggota. Faktor tersebut diantaranya adalah adanya tekanan persaingan dari organisasi lain dan perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban. Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang  sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya  akan meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s