Manajemen dan Perangkat Organisasi Koperasi

Manajemen koperasi adalah suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan. Manajemen tersebut memiliki gaya manajemen partisipatif. Gaya manajemen tersebut menggambarkan adanya interaksi antar unsure manajemen koperasi. Tujuan dari manajemen koperasi ialah untuk menghimpun, mengkoordinasikan dan mengembangkan potensi menjadi kekuatan. Kekuatan tersebut tentunya akan meningkatkan taraf hidup anggota koperasi.

Masing-masing unsur manajemen koperasi terdapat pembagian tugas. Pada setiap unsurnya mempunyai lingkup keputusan yang berbeda-beda. Lingkup keputusan tersebut dimiliki oleh setiap perangkat organisasi. Koperasi memiliki 4 perangkat dalam organisasi. Perangkat tersebut terdiri dari rapat anggota, pengurus, pengawas dan pengelola.

Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam menetapkan kebijakan umum. Rapat anggota juga merupakan wadah dari para anggota untuk membicarakan kepentingan organisasi. Rapat anggota diorganisasikan oleh pengurus koperasi. Pengurus dipilih melalui rapat anggota. Pengurus memegang kuasa rapat anggota dalam mengoperasionalkan kebijakan-kebijakan yang ditetapkan rapat anggota. Pengawas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan yang dilaksanakan oleh pengurus. Menurut UU No.25 Tahun 1992 pasal 39 ayat 2, pengawas berwenang untuk meneliti segala catatan yang ada pada koperasi. Pengelola diangkat dan diberhentikan oleh pengurus. Dengan demikian, pengelola memiliki hubungan kerja dalam bentuk perjanjian atau kontrak dengan pengurus koperasi.

Keberhasilan koperasi tergantung pada kerjasama semua unsur yang terdapat didalamnya. Semua unsure perlu mengembangkan organisasi dan usaha koperasi. Usaha-usaha tersebut diharapkan agar mampu memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada anggota. Oleh karena itu diperlukan manajemen yang aktif dalam mengendalikan koperasi sesuai dengan gaya manajemen partisipatif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s