Promosi dan Pemasaran yang Beretika

Suatu perusahaan atau organisasi baik perorangan maupun kelompok sebagai produsen tentu perlu melakukan promosi bagi produk-produk barang atau jasa yang dihasilkan demi kelancaran pemasaran. Suatu perusahaan melakukan promosi bertujuan untuk menginformasikan produk, meningkatkan penjualan dan laba, mendapatkan pelanggan baru dan mendapatkan pelanggan setia, menjaga kestabilan penjualan, membandingkan produk perusahaan dengan produk lainnya, memperlihatkan citra produka kepada konsumen, dan mengubah pendapat konsumen akan produk yang dihasilkan suatu perusahaan.

Semua tujuan yang telah disampaikan diatas adalah semua kepentingan perusahaan yang dapat diimplementasikan dengan adanya promosi dan pemasaran. Promosi dan pemasaran dapat dilakukan melalui iklan, spanduk, email, sms dan mimbar bebas.

Namun dalam promosi dan pemasaran, pelaksanaannya sangat perlu diperhatikan. Suatu perusahaan yang menjalankan suatu promosi tidak hanya melihat kepentingan perusahaannya saja, namun mereka juga harus memperhatikan hak-hak konsumen. Kosumen merasa puas akan promosi yang dilakukan suatu perusahaan. Dalam arti segala informasi yang diberikan oleh suatu perusahaan harus lengkap dan memenuhi atau memuaskan konsumen. Β Hal tersebut merupakan hak konsumen untuk mengetahui. Selain itu dalam menyampaikan informasi, perusahaan perlu menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti oleh konsumen sehingga pesan dari informasipun sampai kepada konsumen. Bukan hanya kata-kata yang mudah untuk dicerna tapi bahasa yang digunakan juga memerlukan etika sopan santun untuk dapat menarik konsumen juga tidak menyinggung perusahaan lain. Karena etika itu sangat berengaruh bagi penjualan produk perusahaan. Jika tidak beretika tentu penjualan suatu perusahaan akan produknya dapat menurun akibat ketidaktertarikannya kosumen akan informasi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s