Ruang Lingkup Bisnis

Bisnis adalah suatu kegiatan ekonomi atau kegiatan perdagangan baik barang maupun jasa yang dilakukan oleh sekelompok orang atau suatu organisasi yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan konsumen. Bisnis memiliki beberapa jenis. Diantaranya monopsoni, monopoli, oligopoli, dan oligopsoni. Monopsoni adalah suatu keadaan dimana pelaku usaha merupakan pembeli tunggal atas barang/jasa. Seperti yang sering kita lihat yaitu pada daerah pertanian, perkebunan, dan hewan ternak. Monopoli adalah suatu keadaan dimana pelaku usaha merupakan penjual tunggal atas barang/jasa yang berarti dia merupakan price maker atau penentu harga. Oligopoli adalah suatu keadaan dimana terdapat beberapa penjual atau perusahaan dalam suatu mekanisme pasar. Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas. Sedangkan oligopsoni adalah suatu keadaan dimana terdapat beberapa pembeli atau konsumenย  dalam suatu mekanisme pasar. Yang berarti pelaku-pelaku usaha tersebut menjadi penerima pasokan atas suatu komoditas.

Suatu badan usaha melakukan bisnis memiliki tujuan diantaranya memperoleh laba, meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara, menstabilkan keuangan, membuka pelayanan umum bagi konsumen atau masyarakat, dan mensejahterahkan rakyat. Tapi dari semua tujuan itu terdapat dua tujuan inti yaitu tujuan ekonomi untuk memperoleh keuntungan dan tujuan sosial untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Sistem perekonomian terdiri dari 3 yaitu sistem perekonomian liberal, sistem perekonomian komando, dan sistem perekonomian campuran.

  • Sistem perekonomian liberal atau sistem perekonomian pasar merupakan sistem perekonomian yang dimana produsen dan konsumen bebas melakukan jual beli. Sehingga harga pasar ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran pasar.
  • Sistem perekonomian komando adalah sistem perekonomian yang sepenuhnya dikuasai oleh pemerintah. Dalam penentuan peraturan dan kebijakan sepenuhnya di tangan pemerintah, yang berarti faktor-faktor produksi milik pemerintah.
  • Sistem perekonomian campuran merupakan sistem perekonomian hasil gabungan liberal dan komando dimana pemerintah memberikan kebebasan dalam mekanisme pasar namun ada juga batasan-batasan yang dilakukan oleh pemerintah. Yang berarti pemerintah tidak sepenuhnya berkuasa namun tetap memiliki campur tangan.

Sistem pasar juga dibagi menurut bentuk, cara transaksi, barang yang dijual, dan keluasan distribusinya.

Menurut bentuk:

  • Pasar Nyata: pasar dimana barang-barangnya dapat dibeli secara langsung oleh pembeli.
  • Pasar Abstrak: pasar dimana barang-barangnya tidak dapat ditawar dan tidak dapat langsung dibeli.

Menurut Cara Transaksi:

  • Pasar Tradisional: pasar yang bersifat tradisional yang masih bisa dilakukan tawar-menawar.
  • Pasar Modern: pasar yang bersifat modern yang barang-barangnya dijual dengan harga pas dan dengan layanannya sendiri.

Menurut Barang yang Dijual:

  • Pasar Hewan
  • Pasar Sayur
  • Pasar Ikan
  • Pasar Buah
  • Pasar Loak (barang bekas)

Menurut Keluasan Distribusinya:

  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional
  • Pasar Internasional

Dalam menjalankan suatu bisnis ada beberapa hal yang harus diperhatikan suatu badan usaha dalam membaca kesempatan bisnisnya atau celah-celah dalam berbisnis. Salah satunya yaitu suatu badan usaha atau perusahaan harus memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu keunikan dari barang/jasa yang dihasilkan menjadi salah satu terpenting yang masih ada hubungannya dengan penjualan kreativitas. Fasilitas tambahan dan service yang baik sangat membantu dalam suatu bisnis. Tapi dalam membuka suatu bisnis perlu juga diperhatikan lokasi yang tepat. Dan tentunya yang lebih baik bisnis dilakukan sebagai usaha bersama dan kerjasama dengan pihak-pihak yang ada kaitannya dengan bisnis yang akan kita jalankan.

Adapun unsur-unsur dalam aktivitas ekonomi yang perlu kita ketahui diantaranya manusia sebagai pengendali kegiatan ekonomi dan tenaga kerja, modal sebagai langkah awal suatu kegiatan ekonomi, material yang merupakan faktor-faktor kegiatan ekonomi, metode atau langkah-langkah yang diambil dalam menjalankan kegiatan ekonomi, manajerial sebagai langkah pengolahan, dan mesin atau peralatan sebagai pendukung proses berjalannya suatu kegiatan ekonomi.

Hakikat bisnis yang sesungguhnya adalah mementingkan orang lain. Ini bukan sekadar konsep kemuliaan dan spiritualitas. Bisnis yang sejati haruslah dilandaskan pada spiritualitas dan akan menghasilkan tingkat spiritualitas yang lebih tinggi, baik bagi pelaku maupun pelanggan. Orang yang melayani orang lain dengan keahlian yang tinggi akan menjadi orang yang penting dan bernilai.

referensi: google.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s