Usaha Kecil Penjual Bakso

Unit usaha yang kami amati adalah seorang penjual bakso yang merintis usaha kecilnya dari seorang penjual bakso pikul keliling, berkembang menjadi gerobak, hingga mempunyai ruko untuk berjualan sendiri yang posisinya tidak jauh dari daerah tempat ia berkeliling menjajakan dagangannya dan memiliki beberapa karyawan sendiri.

Sebut saja “Babeh”. Babeh yang berumur sekitar 50 tahunan memiliki keuletan dan kegigihan dalam bekerja. Ia memulai semuanya berawal dari titik “0” hingga menjadi seperti sekarang ini. Salah satu kelebihan yang membuat ia berhasil hingga sekarang adalah cita rasa yang nikmat dan khas dari baso yang ia buat sendiri. Selain itu, tempat ia berjualan saat ini juga strategis sehingga mudah dilihat dan dijangkau oleh para penikmat baso. Bukan hanya strategis, tapi Babeh juga memperhatikan kebersihan tempat ia berjualan sehingga membuat pembeli nyaman. Disisi lain, karena ia berjualan cukup lama, ia sudah memiliki banyak pelanggan setia yang juga mempromosikan kenikmatan basonya. Karyawan yang ia miliki juga membantu cepatnya pelayanan bagi para pembeli hingga tidak mengecewakan para pelanggannya.ย Dibalik semua kelebihan yang ia miliki, tentu ada kekurangan. Salah satunya adalah kurangnya fasilitas seperti toilet dan wastafel bagi para pembeli.

Tempatnya yang strategis dan tidak banyak saingan atau penjual baso lainnya disekitar ia berjualan, membuat ia memiliki peluang besar dalam mengembangkan usahanya. Namun karena keadaan usianya yang semakin bertambah, dapat menjadi ancaman baginya dimasa yg akan datang. Karena suatu saat nanti, jika kondisinya sudah menurun maka ia tidak dapat bekerja lagi. Walaupun ia memiliki karyawan yang membantu, namun cita rasa baso tersebut tentu akan berbeda dengan baso buatannya sendiri yang memungkinkan para pelanggan semakin berkurang.

 

Kelompok Manajemen:

Dewi Arnieta Meilillah (21212944)

Josina Christina (23212974)

Maulida Ulfa (24212493)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s